10 Fakta Menarik Tentang Rayap

Sebelum memerangi rayap di rumah Anda, sangat penting bagi Anda untuk mengenal musuh pemakan kayu Anda. Mempelajari semua yang Anda bisa tentang rayap akan membantu Anda memahami makhluk-makhluk ini sehingga Anda dapat merumuskan strategi yang lebih baik untuk membasmi mereka sepenuhnya dari properti Anda. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang spesies rayap:

1. Rayap tidak tidur. Mereka makan sepanjang hari, setiap hari. Operasi 24/7 ini membuat mereka sangat efisien dalam menyingkirkan kayu yang membusuk di hutan, tetapi kegiatan ini dianggap sangat merusak ketika makanan yang mereka makan adalah bagian kayu dari rumah.

2. Umur rayap dapat bervariasi. Ratu rayap dapat bertahan hidup dari 20-50 tahun. Anggota non-reproduksi dapat bertahan hidup hanya beberapa tahun. Koloni rayap individu telah diketahui ada hingga satu abad.

3. Ada satu raja dan ratu dalam koloni rayap. Pasangan ini mengeluarkan feromon yang menghambat perkembangan reproduksi anggota rayap lainnya. Ratu bertelur setiap 15 detik.

4. Rayap pekerja dan tentara baik jantan maupun betina. Mereka biasanya tidak bersayap dan sebagian besar buta. Mereka juga steril karena feromon penghambat yang dikeluarkan oleh raja dan ratu rayap. Ada tentara dan pekerja khusus yang fungsinya merawat telur dan anak-anaknya.

5. Rayap pekerja terutama adalah pengumpul dan pemakan makanan, jadi rayap inilah yang memakan dan menyebabkan kerusakan pada struktur kayu. Peran lain yang mereka mainkan adalah menjadi pembangun dan reparasi sarang. Mereka juga bertugas sebagai groomer anggota koloni lainnya.

6. Rayap tentara jasa anti rayap bogor terutama merupakan pembela koloni. Menggunakan rahang besar mereka untuk memenggal penyusup seperti semut. Untuk beberapa spesies rayap tanpa rayap tentara, nimfa dan pekerja bertindak sebagai pelindung koloni.

7. Ada sekitar 2.300 spesies rayap di seluruh dunia. Jika semua rayap di planet ini ditimbang, berat total gabungan mereka akan jauh lebih besar daripada berat gabungan semua manusia di Bumi.

8. Rayap memiliki perilaku trofalaksis dimana mereka memberi makan anggota koloni lainnya melalui anus-ke-mulut (proctodeal) makan. Perilaku ini juga menjadi bentuk komunikasi bagi mereka.

9. Rayap mencerna kayu melalui bakteri dan protozoa yang ada di saluran usus mereka. Rayap muda dapat memperoleh mikroorganisme pencernaan ini selama waktu makan dari rayap pekerja.

10. Di Amerika Serikat, ada 41 spesies rayap yang teridentifikasi. Rayap ditemukan di semua negara bagian, kecuali di negara bagian Alaska.

Leave a Comment