4 Manfaat Mengikuti Kursus Manajeman Keuangan untuk Pengusaha

 

pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang mampu membuat keuangan perusahaan tetap stabil atau terus meningkat. Maka dari itu pengelolaan keuangan saat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Bagi Anda yang merasa belum pintar mengelola keuangan, ikuti saja kursus manajemen.

Manajemen keuangan sendiri terdiri dari bermaca-macam bagian, ada manajemen keuangan untuk pribadi, manajemen keuangan perusahaan atau bisnis, dan lain sebagainya.  Adapun manfaat mengikuti pelatihan manajemen keuangan bagi pengusaha yaitu:

1. Belajar Manajemen Arus Kas Perusahaan

Arus Kas atau Cash Flow pada perusahaan merupakan komponen paling penting dan berpengaruh dalam menjalankan bisnis, baik bagi perusahaan kecil maupun besar. Cash flow ini berisi kas masuk dan kas keluar perusahaan dan berfungsi untuk mengetaui profit atau keuntungan perusahaan.

Pelatihan Manajemen Keuangan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk perusahaan saja, tapi bisa digunakan untuk mengatur arus kas pribadi atau rumah tangga.

Jadi bagi Anda yang akan membuka bisnis, aturlah segera Cash Flow Pribadi dan Bisnis. Atur arus kas keluar untuk mendobrak arus kas masuk. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Oh, ya, jangan lupa untuk memisahkan arus kas pribadi dan usaha ya. Sekalipun usaha Anda baru dirintis!

Karena kedua cash flow tersebut jika dijadikan satu akan membuat catanan keuangan tidak sinkron dan riskan dengan kerugian.

2. Belajar Meminimalisir Pengeluaran

Prinsip dalam membangun usaha adalah pengeluaran sesedikit mungkin, tapi pemasukan sebanyak mungkin. Dengan mengikuti pelatihan manajemen, Anda akan diajari bagaimana cara meminimalisir pengeluaran saat menjalankan bisnis.

Jika pengeluaran semakin kecil, maka keuntungan semakin besar dan mencegah resiko kerugian. Meminimalisir pengeluaran bukan berarti harus mengurangi kualitas produk yang Anda tawarkan. Tapi meminimalisir pengeluaran yaitu berhemat dan cerdas dalam berbelanja.

Misalnya anggaran untuk promosi bisa diminimalisir dengan meggunakan media promosi digital, untuk produksi atau membeli produk carilah suplier yang harganya lebih miring dan terpercaya.

3. Belajar Membuat Analisa Laporan Keuangan

Manfaat mengikuti kursus manajemen selanjutnya yakni menuntun Anda agar bisa membuat analisa laporan keuangan perusahaan. Dengan membuat analisa laporan keuangan, Anda akan tahu apakah anggaran atau dana perusahaan sudah diguakan sebagaimana mestinya atau belum?

Laporan keuangan tersebut bisa digunakan untuk Anda sebagai pemilik atau pemimpin dan sebagai karyawan  perusahaan.

4. Belajar dalam Perencaan Laba

Manfaat pelatihan menajemen selanjutnya  yaitu mempelajari perencanaan laba atau keuntungan. perencanaan tersebut merupakan  salah satu elemen terpenting dalam berbisnis.

Karena jika Anda tidak bisa menghasilkan laba, maka perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Berapapun laba yang diperoleh, perusahaan harus menghasilkan laba.

Demikian beberap manfaat jika Anda mengikuti kursus menajemen keuangan. Bagi Anda small bussines, Ibu Rumah Tangga, karyawan, atau pemilik perusahaan yang sudah besar harus bisa mengelola keuangan secara tepat.

Leave a Comment