5 Karakteristik Print Kaos Menggunakan Teknologi DTG

Perkembangan teknologi ikut mengubah teknik penyablonan kaos saat ini. Salah satu metode yang sekarang banyak digunakan dalam proses print kaos adalah DTG atau Direct to garment. Metode ini menghasilkan kaos sablon dengan kualitas yang sangat memuaskan. Berikut adalah 5 karakteristik produk kaos yang disablon memakai teknologi DTG:

1. Ukuran Maksimal A3/A4

Kaos yang ingin disablon memakai teknologi DTG ini memiliki ukuran area pengerjaan A3 atau A4. Ukuran ini sebenarnya sudah standar dan cukup bagus jika diterapkan untuk berbagai jenis kaos. Desain gambarnya juga tidak terlalu kecil dan dapat terlihat dengan jelas. Jika ingin dibuat ukuran yang lebih kecil lagi tentu saja sangat memungkinkan tanpa mengurangi kualitas hasil sablonnya.

2. Bisa Melibatkan Banyak Warna

Sablon DTG ini menjadi favorit banyak orang karena bisa melibatkan banyak warna. Salah satu karakter dari print kaos DTG adalah gambarnya akan terlihat full color. Teknologi ini tidak memiliki pembatasan jumlah warna yang akan dicetak. Anda pun bisa mewujudkan berbagai jenis desain kaos bahkan yang melibatkan banyak warna sekalipun.

Jika ada produk kaos dengan sablon yang melibatkan banyak warna atau mungkin menyajikan warna gradasi maka pembuatannya memakai teknik DTG. Metode sablon yang konvensional tidak bisa menghasilkan sablon full color apalagi tampilan gradasi. Ini juga menjadi salah satu keunggulan dari produk kaos ini.

3. Tekstur Menyatu

Karakteristik lain dari produk sablon kaos DTG adalah tekstur hasil sablonnya akan menyatu sempurna dengan bahan kaos. Jika diraba, hasil sablonnya akan sangat halus dan memuaskan. Ini juga menjadi keunggulan dari print kaos DTG karena akan lebih nyaman digunakan. Selain itu gambar yang dihasilkan juga bisa bertahan lebih lama meskipun sudah berkali-kali digunakan dan dicuci.

4. Tidak Terasa Lengket

Hasil sablon konvensional biasanya akan meninggalkan tekstur gambar yang lengket. Bahkan saat dilipat, hasil sablon bisa melekat satu sama lain dan ketika dibuka paksa bisa menyebabkan hasil sablon rusak. Hal ini tidak akan terjadi pada kaos dengan sablon DTG. Teknologi ini akan menghasilkan gambar sablon yang tidak lengket sehingga akan nyaman dipakai dan tidak merusak gambarnya sendiri.

5. Tidak Mudah Luntur

Telah disebutkan bahwa salah satu karakter kaos sablon dengan metode DTG adalah warnanya bisa meresap menyatu dengan bahan kaos. Ini menyebabkan gambar sablon tidak akan mudah luntur. Kaos bisa dicuci berkali-kali dan akan lebih awet dibandingkan gambar yang disablon menggunakan teknik konvensional.

Itulah 5 karakteristik print kaos dengan metode DTG. Teknik ini sudah banyak digunakan dan tak sulit menemukan jasa sablon yang memakai metode tersebut. DTG bisa menghasilkan kaos sablon yang berkualitas dan awet dipakai. Selain itu pengerjaannya juga lebih cepat kurang dari 30 menit saja.

Leave a Comment