Apa itu Asuransi Unit Link

Apa itu Asuransi Unit hyperlink?

Unit hyperlink atau produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) merupakan produk asuransi. Namun, berbeda dengan produk asuransi tradisional, unit hyperlink menawarkan layanan tambahan untuk memudahkan konsumen yang mendapatkan perlindungan asuransi sekaligus berinvestasi.

 

Jenis-jenis Asuransi Unit hyperlink

Mengacu pada penempatan dana investasinya, ada 4 jenis Unit link dikutip dari jendelamu.com:

 

(1) Unit hyperlink Pasar Uang (coins Fund Unit link)

Seluruh porsi investasi ditempatkan di instrumen pasar uang seperti tabungan, dana, simpanan, berjangka, Sertifikat bank Indonesia (SBI), dan surat utang jangka pendek. Penempatan dana ini memiliki risiko yang rendah namun juga imbal hasil yang terbatas. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen pemula yang cenderung tidak berani mengambil risiko (konservatif).

 

(2) Unit link Pendapatan Tetap (constant profits Unit hyperlink)

Penempatan dana sekurang-kurangnya eighty% untuk porsi investasi pada instrumen surat utang atau obligasi dan sisanya ditempatkan di instrumen pasar uang. Risiko investasi pada Asuransi Unit hyperlink jenis ini lebih tinggi dari Asuransi Unit link pasar uang dengan imbal hasil yang lebih tinggi pula. Asuransi Unit hyperlink jenis ini cocok bagi konsumen yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil. Jangka waktu investasi pada asuransi unit hyperlink jenis ini biasanya 1 sampai 3 tahun. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen yang mampu menerima risiko sedang (moderat).

 

(3) Unit link Investasi Campuran (controlled Unit link)

Porsi investasi ditempatkan pada instrumen saham, obligasi, dan pasar uang dengan komposisi tertentu. Risio dan potensi imbal hasil dari produk Asuransi Unit link ini lebih besar dari Asuransi Unit link pendapatan tetap, namun lebih kecil daripada Asuransi Unit link saham. Asuransi Unit hyperlink ini sesuai untuk para konsumen yang ingin memperoleh pendapatan yang memadai sekaligus peluang pertumbuhan investasi jangka panjang.

 

(four) Unit hyperlink Dana Saham (fairness Unit hyperlink),

Penempatan dana sekurang-kurangnya eighty% untuk porsi investasi pada instrumen saham. Asuransi Unit hyperlink jenis ini paling cocok untuk konsumen yang ingin mendapatkan keuntungan secara maksimal. Asuransi Unit hyperlink saham menawarkan imbal hasil yang paling besar namun dengan risiko yang paling besar pula. Asuransi Unit link jenis ini sesuai untuk investasi jangka panjang. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen yang memiliki pemahaman secara baik sehingga cenderung berani mengambil risiko (agresif).

 

Jenis-jenis Asuransi Unit hyperlink

Mengacu pada penempatan dana investasinya, ada 4 jenis Unit link:

 

(1) Unit hyperlink Pasar Uang (coins Fund Unit hyperlink)

Seluruh porsi investasi ditempatkan di instrumen pasar uang seperti tabungan, dana, simpanan, berjangka, Sertifikat financial institution Indonesia (SBI), dan surat utang jangka pendek. Penempatan dana ini memiliki risiko yang rendah namun juga imbal hasil yang terbatas. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen pemula yang cenderung tidak berani mengambil risiko (konservatif).

 

(2) Unit link Pendapatan Tetap (constant income Unit hyperlink)

Penempatan dana sekurang-kurangnya eighty% untuk porsi investasi pada instrumen surat utang atau obligasi dan sisanya ditempatkan di instrumen pasar uang. Risiko investasi pada Asuransi Unit hyperlink jenis ini lebih tinggi dari Asuransi Unit link pasar uang dengan imbal hasil yang lebih tinggi pula. Asuransi Unit hyperlink jenis ini cocok bagi konsumen yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil. Jangka waktu investasi pada asuransi unit link jenis ini biasanya 1 sampai three tahun. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen yang mampu menerima risiko sedang (moderat).

 

(3) Unit hyperlink Investasi Campuran (controlled Unit link)

Porsi investasi ditempatkan pada instrumen saham, obligasi, dan pasar uang dengan komposisi tertentu. Risio dan potensi imbal hasil dari produk Asuransi Unit link ini lebih besar dari Asuransi Unit link pendapatan tetap, namun lebih kecil daripada Asuransi Unit hyperlink saham. Asuransi Unit link ini sesuai untuk para konsumen yang ingin memperoleh pendapatan yang memadai sekaligus peluang pertumbuhan investasi jangka panjang.

 

(four) Unit link Dana Saham (fairness Unit hyperlink),

Penempatan dana sekurang-kurangnya 80% untuk porsi investasi pada instrumen saham. Asuransi Unit link jenis ini paling cocok untuk konsumen yang ingin mendapatkan keuntungan secara maksimal. Asuransi Unit hyperlink saham menawarkan imbal hasil yang paling besar namun dengan risiko yang paling besar pula. Asuransi Unit link jenis ini sesuai untuk investasi jangka panjang. Asuransi Unit hyperlink jenis ini sangat cocok untuk konsumen yang memiliki pemahaman secara baik sehingga cenderung berani mengambil risiko (agresif).

 

 

Leave a Comment