Apa itu CSV?

Apa itu CSV? CSV mungkin masih menjadi tanda Tanya bagi kita karena kata tersebut masih terdengar asing ditelinga kita. CSV merupakan kepanjangan dari Creating Shared Value, yaitu sebuah konsep yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan sebagai pendekatan kepada masyarakat melalui nilai ekonomi dan social secara bersamaan. Menurut Porter dan Kramer (2011), CSV adalah kebijakan teknis operasional, proses dan strategi bisnis yang meningkatkan nilai kompetitif perusahaan dan sekaligus memajukan kondisi sosial dan ekonomi. Porter dan Kramer (2011) juga berpendapat bahwa, semua manfaat tidak sama. Keuntungan yang memungkinkan perusahaan berkembang. Memperkirakan bahwa memasukkan isu-isu sosial ke dalam strategi dan operasi adalah langkah besar berikutnya dalam pemikiran manajemen.

CSV dan Nestle

Nestle merupakan salah satu perusahaan yang ikut berkontribusi dalam masyarakat. Hal ini dapat dilihat pada berbagai program yang dilakukan tidak hanya soal bisnis saja untuk meraup keuntungan namun juga peduli terhadap lingkungan hidup dan juga kemakmuran masyarakat. Program-program Nestle sangat beragam yang tidak hanya peduli terhadap isu bisnis namun juga isu-isu social yang berkembang di masyarakat. Program-program yang telah dilakukan adalah membantu 50 juta anak hidup sehat, membantu taraf hidup lebih dari 30 juta masyarakat yang berkecimpung dengan bisnis, serta zero environment. Salah satu contohnya adalah dengan program peduli lingkungan yakni program mendaur ulang sampah, penghematan listrik, serta menggunaan teknologi yang ramah lingkungan. Dengan program-program tersebut masyarakat tentunya diharapkan akan lebih peduli lingkungan agar nantinya tetap lestari puluhan tahun mendatang. penggunaan teknologi Nestle juga tidak semata-mata untuk mendapatkan keuntungan dengan merusak alam, akan tetapi memilih untuk menggunakan teknologi modern dan konvensional agar dapat menghemat energy dan juga memberikan dampak yang lebih sehat terhadap lingkungan hidup.

Program-program tersebut tentunya dapat membuka mata dan hati masyarakat untuk memahami apa itu CSV, dan bisa menerima konsep-konsep bisnis yang lebih professional dimana pengolahan dan produksi pertanian dan peternakan dapat menghasilkan hasil yang lebih optimal yang nantinya akan menunjang hasil produk yang berkualitas tinggi.

Selain itu, program kesehatan air bersih juga diterapkan untuk mendapatkan sumber air yang mamadai untuk masyarakat. Hal ini menjadi sesuatu yang penting karena air yang bersih dan sehat akan berdampak pada generasi-generasi kedepan. Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang profesionalisme kerja, sumber air yang bersih, serta program kesehatan lainnya, diharapkan Nestle dapat selalu dihati masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja yang baik, memproduksi barang yang berkualitas dari bahan baku yang berasal dari petani dan peternak. Dampak positif yang didapatkan adalah selain memakmurkan masyarakat, juga menciptakan lapangan kerja serta bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Demikian artikel tentang pengertian apa itu CSV, semoga dapat memberikan informasi yang mudah dipahami pembaca.

Leave a Comment