Apa Perbedaan antara Obat Antidiabetes Glimepiride dan Metformin?

Ada banyak obat untuk diabetes tipe 2, tetapi kebanyakan orang akan diberi resep Metformin atau Glimepiride. Kedua obat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Metformin adalah obat antidiabetes golongan biguanid yang bekerja dengan menurunkan kadar glukosa darah dengan menurunkan jumlah gula yang diproduksi di hati dan dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Efek samping metformin mungkin termasuk mual, muntah, diare, nafsu makan menurun, peningkatan buang air kecil atau masalah ginjal. Namun efek samping ini biasanya dapat dikelola dengan perubahan pola makan atau penyesuaian obat jika diperlukan.

Glimepiride adalah obat antidiabetes golongan sulfonilurea yang sering digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, karena bekerja dengan merangsang pelepasan insulin dari pankreas dan juga menurunkan produksi glukosa di hati. Efek samping yang paling umum adalah kadar gula darah rendah dan penambahan berat badan. Reaksi kulit dan masalah ginjal adalah beberapa efek samping yang kurang umum dari obat Glimepiride.

Apa Perbedaan antara Obat Antidiabetes Glimepiride dan Metformin?

Baik metformin dan glimepiride umumnya digunakan sebagai obat antidiabetes. Glimepiride merupakan obat golongan sulfonilurea, sedangkan metformin termasuk golongan biguanida. Metformin bekerja dengan cara menurunkan produksi glukosa di hati dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Efek samping yang terkait dengan penggunaan metformin mungkin termasuk mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan. Glimepiride adalah obat antidiabetes sulfonilurea yang bekerja dengan cara merangsang pelepasan insulin dari pankreas dan menurunkan produksi glukosa di hati. Efek samping yang terkait dengan Glimepiride adalah kadar gula darah rendah dan penambahan berat badan.

Sulfonilurea adalah golongan obat diabetes oral yang merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Mereka secara tradisional telah digunakan untuk terapi lini kedua pada orang yang telah mencoba metformin, tetapi ada juga beberapa indikasi bahwa mereka efektif sebagai agen lini pertama. Glimepiride merupakan obat dalam golongan sulfonilurea.

Glimepiride digunakan berdasarkan resep dokter. Anda bisa menebus obat ini dengan resep di apotek dan mendapatkan harga Glimepiride 2 mg yang cukup terjangkau.

Biguanide adalah golognan obat antidiabetes yang bekerja menurunkan produksi glukosa di hati dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Diabetes mellitus adalah gangguan endokrin dan metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah akibat gangguan kerja insulin, atau produksinya, yang menyebabkan hiperglikemia. Diabetes mellitus tipe 2 adalah bentuk diabetes yang lebih umum, di mana pasien dengan kadar glukosa darah normal sebelumnya mengembangkan kadar gula darah tinggi yang tidak normal. Metformin, termasuk kelas ini dan digunakan sebagai obat antidiabetes yang menurunkan jumlah glukosa yang diproduksi oleh hati melalui penghambatan glukoneogenesis dan penurunan penyerapan karbohidrat usus.