Apakah USG 2 Dimensi Akurat Untuk Mengecek Kondisi Janin?

 

USG 2 dimensi adalah jenis pemeriksaan yang menggunakan teknologi 2D di mana tentu hasilnya merupakan bentuk gambar 2D. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pertama di bidang medis yang dapat menampilkan gambar organ dalam janin di dalam rahim meskipun hasil gambarnya berupa gambar datar yang hanya memiliki warna hitam, putih, dan abu-abu.

Ultrasonografi dua dimensi biasanya digunakan untuk skrining saat usia kehamilan adalah trimester pertama. Namun, jika ada kelainan janin di dalam rahim, dokter mungkin akan merekomendasikan teknik USG yang menggunakan teknologi canggih untuk hasil yang lebih baik misalnya USG 3D atau USG 4D tergantung kebutuhan karena hasilnya akan lebih jelas sehingga bisa mengenahui kelainan yang dialami dengan lebih jelas.

Seberapa Akurat Hasil USG 2D?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH), hasil USG 2D cukup akurat untuk membaca posisi tubuh serta organ gerak si kecil serta untuk melihat jenis kelamin janin. Ini berarti bahwa janin yang diprediksi dengan USG biasanya bisa lahir sesuai dengan yang dilihat pada hasil USG 2D.

Namun terkadang akurasi dari USG 2D untuk melihat jenis kelamin janin tidak bisa 100% benar. Apabila hasil USG 2D menunjukkan jenis kelamin laki-laki maka kemungkinan besar bisa lahir bayi laki-laki. Namun apabila terlihat seperti jenis kelamin perempuan, maka kemungkinan untuk lahir tetap memiliki jenis kelamin perempuan akan lebih rendah. Jadi prediksi jenis kelamin perempuan bisa saja saat lahir ternyata adalah laki-laki.

Kelebihan dan Kekurangan USG 2D

Ultrasonografi 2D memberikan informasi tentang perkembangan bayi yang ditampilkan pada layar berupa gambar yang rata. Meski datar dan hanya dapat dilihat dari satu sisi, hasil USG 2D dapat menampilkan gambar organ dalam bayi Anda yang bisa dibilang cukup jelas. Ultrasonografi dua dimensi (USG) juga tidak mahal dan dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran dan disimpan untuk kebutuhan bayi.

USG 2D memang tidak terlalu mahal, namun melakukan USG 2D tetap disarankan karena telah memenuhi kriteria skrining kehamilan dasar serta sudah dapat membantu dokter mendiagnosis kelainan pada janin misalnya kelainan pada organ seperti jantung, ginjal, dan kelainan internal lainnya.

Apabila ada kelainan, biasanya dokter bisa langsung memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kelainan yang ditemukan saat USG atau apabila mengalami bayi sungsang. Namun di usia tertentu posisi bayi sungsang akan perlahan normal maka dari itu USG perlu dilakukan untuk menentukan penanganan yang tepat.

Pilihlah fasilitas kesehatan terpercaya untuk melakukan USG hingga proses persalinan. Biasanya memilih fasilitas yang sama mulai dari USG hingga proses persalinan akan lebih menguntungkan karena dokter sudah memahami kondisi ibu dan janin. Klinik Kehamilan Sehat menjadi pilihan yang tepat dengan mengunjungi situs https://kehamilansehat.com. Lihat disini!

Leave a Comment