Cara Membuat Bonsai Sendiri Agar Terlihat Cantik

Bonsai mempunyai keelokan alami yang benar-benar mengagumkan. Daya tarik dari tanaman ini ialah realisasi dari pohon sepenuhnya. Tanaman bonsai dapat dimisalkan sebagai bentuk mini dari satu pohon. Walaupun ukuran kecil, tapi bonsai telah mempunyai beberapa bagian yang komplet seperti pohon sejati. Namun bonsai sedikit cantik karena sudah memperoleh terlibat dari manusia.

 

Bonsai sebagai seni mempercantik satu tanaman. Dengan bonsai, satu tanaman yang awalnya kelihatan biasa saja bisa menjadi lebih cantik. Memanglah tidak mudah untuk membuat keelokan itu. Anda perlu mengganti bentuk tanaman sebegitu rupa agar memiliki bentuk sesuai kemauan. Bagian-bagian tanaman juga harus dibikin semakin besar, kecil, panjang, lempeng, meliuk, tertancap, dan sebagainya.

 

 

Khusus kesempatan ini, silahkan kita bersama belajar untuk membikin penampilan bonsai Randu Varigata kelihatan lebih tua dibanding umur sebenarnya. Beberapa trick yang dapat dicoba diantaranya :

 

– Memaksakan perkembangan ranting mencatatr atau cukup turun

– Menunjukkan pangkal akar supaya menyebar di atas tanah

– Membesarkan ukuran tangkai

– Mengukir tangkai dengan tehnik tertentu

 

 

Strategi 1. Perundukan Arah Cabang dan Ranting

 

Cabang-cabang dan ranting tanaman dipaksakan lewat proses trainning supaya tumbuhnya merunduk dan cukup turun. Proses ini bisa dilaksanakan memakai kawat yang dililitkan pada cabang/ranting agar arahnya jadi ke bawah. Anda bisa juga manfaatkan tali rafia yang diikatkan pada cabang/ranting dan sisi dasar pot untuk membuat cukup turun. Kerjakan proses ini dikit demi sedikit dan tekun supaya tidak patah.

 

 

Strategi 2. Penonjolan Pangkal Akar

 

Selainnya supaya kelihatan lebih tua, menunjukkan pangkal akar tanaman bonsai Beringin Korea akan membuat performanya lebih cantik dan berkesan kuat. Ada akar-akar ini juga bisa memberi kesan-kesan tanaman yang lebih menegangkan. Satu kali lagi proses penonjolan pangkal akar ini harus dilaksanakan secara paksakan supaya akar-akar ini tumbuh menyebar di permukaan tanah. Triknya Anda perlu mengorek permukaan tanah seperlunya atau meningkatkan permukaan akar dari dalam tanah. Bikinlah akar-akar itu menyebar minimum di empat arah sekalian.

 

 

Strategi 3. Pemahatan Tangkai

 

Anda dapat membuat tanaman bonsai terlihat tua dengan mengukir batangnya memakai tehnik sabamiki, jin, dan uro. Tehnik sabamiki dilaksanakan dengan kupas susunan kulit tangkai sampai kelihatan susunan kayunya. Lantas sisa kupasan ini akan mati dan berwarna memutih. Dan tehnik jin dilaksanakan dengan kupas semua susunan kulit dahan agar kayunya mati dan memutih. Dalam pada itu, tehnik uro dilaksanakan mengurangi beberapa kulit dan kayu tangkai sampai memiliki rongga dan beberapa kayunya mati. Upayakan hasil pemahatan dengan tehnik ini kelihatan lumrah seakan-akan diakibatkan oleh dampak alam sepanjang tahun.