Cara Menggunakan Mesin Jilid Spiral Kawat

 

Terdapat beberapa teknik penjilidan yang bisa Anda pilih untuk mem-bundling dokumen yang dicetak, salah satunya adalah jilid spiral kawat. Dalam proses penjilidan tersebut harus menggunakan mesin khusus agar hasilnya maksimal, rapi, dan lebih cepat.

Cara Menggunakan Mesin

Setiap jasa jetak buku terpercaya tentu harus menyediakan mesin terbaik untuk memberikan layanan maksimal kepada setiap pelanggan. Berikut ini beberapa langkah dan cara untuk menggunakan mesin jilid spiral kawat yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menyiapkan Dokumen

Siapkan dokumen dengan format Ms.Word untuk dicetak menggunakan mesin printer. Setelah itu, satukan lembaran dokumen yang telah dicetak tersebut dan gabungkan menjadi satu sesuai urutan yang tepat.

2. Masukkan Dokumen ke Mesin Jilid

Setelah semua dokumen disatukan dan digabungkan dengan urutan yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan dokumen tersebut ke dalam mesin jilid spiral kawat. Hasil yang lebih maksimal pada mesin terbaik dapat memasukkan hingga 25 lembar dokumen sehingga lebih cepat selesai.

3. Menyiapkan Ring Binder

Ukuran kawat dan ketebalan dokumen harus disesuaikan dengan tepat. pilih kawat dengan panjang yang sama sesuai panjang kertas dokumen agar terlihat rapi. Selain itu, perhatikan jumlah ring dan jumlah lubang dokumen agar disamakan.

Usahakan untuk menggunakan kawat yang lebih lebar dibandingkan dengan ektebalan dokumen agar dapat menghindari resiko dokumen terlepas ketika kaitan tersebut dibuka.

4. Letakkan Ring dengan Posisi Spiral

Jika semua lembaran dokumen selesai dilubangi, maka ring dapat diletakkan dengan posisi spiral dan bisa dibuka pada bagian atas alat jilid spiral. Jangan lupa untuk membuka spiral selebar-lebarnya agar ring bisa masuk.

5. Letakkan Dokumen dengan Posisi Vertikal

Setelah ring binder dimasukkan, posisikan dokumen secara vertikal ke arah lubang spiral. Sehingga bagian spiral yang terbuka berada di bagian belakang buku. Kurangi bukaan spiral sedikit dmi sedikit dengan cara menarik gagang mesin jilid spiral ke depan hingga semua spiral masuk ke lubang.

Cara menggunakan mesin jilid spiral kawat tentu harus dilakukan oleh profesional yang sudah ahli untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Namun, bagi pemula juga dapat mempelajari cara menggunakannya.

Leave a Comment