contoh jadi desain rumah 2 lantai gaya tropis atap limasan

desain rumah 2 lantai

 

Rumah tropis adalah salah satu desain rumah yang dirancang dan disesuaikan dengan iklim tropis dimana ada yang model tingkat. Sesuatu aspek yang jadi perhatian dengan desain rumah 2 lantai yaitu menggunakan plafon.  Suhu di lantai 2 biasanya terasa lebih panas dibandingkan lantai 1, disarankan menggunakan plafon yang berbahan beton.  Lantai 2 tentunya bisa dimanfaatkan sebagai taman, tambahkan beberapa hiasan yang dapat menambah kesejukan atau dengan tanaman hijau yang menyegarkan.  Gunakan material alami sehingga menambah kesan rumah tropis, misal penggunaan kursi dari kayu; hiasan-hiasan berbahan rotan maupun batu-batu alam sebagai ornamen di lantai 2.

 

Keunggulan atap limas antara lain :

 

~ Lebih irit dari segi bangunan karena bangunan tidak perlu menggunakan segitiga tembok, sehingga pekerjaan pemasangan bata, plester, aci dan pengecatan lebih sedikit

 

~ Dinding luar terlindungi dari panasnya terik matahari dan air hujan dikarenakan bentuk atap yang miring pada tiap sisinya.

 

~ Dengan sudut kemiringan yang pas, angin yang menerpa rumah akan dibelokkan ke atas sehingga mengurangi risiko bocoran 

 

~ Struktur bangunan tercover dari kerusakan dikarenakan pengaruh cuaca

 

~ Atap limas bisa dikembangkan menjadi berbagai model atap yang menarik dan tampak terlihat lebih proporsional 

 

Temperatur harus terjaga dengan baik, jika tidak ini akan mempengaruhi perabotan khususnya yang tak tahan suhu yang ekstrim terlalu lembab atau terlalu panas. Perancangan bukaan ventilasi di tembok rumah berfungsi untuk proses sirkulasi udara.  hal ini berguna untuk menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan. Menggunakan ventilasi silang, sehingga udara yang masuk jadi lebih optimal dan membuat setiap ruangannya terasa lebih sejuk. Berpengaruh terhadap pencahayaan alami jadi lebih mudah memasuki seluruh penjuru rumah.


Karakteristik sebuah desain rumah modern bisa dimunculkan dengan mengaplikasikan warna, termasuk rumah dengan desain tropis. 
Pada rumah tropis, warna-warna yang digunakan bisa sesuai.  Pemilihan warna pada rumah tropis berbeda dengan warna-warna yang digunakan pada rumah di daerah pegunungan atau rumah yang ada di daerah beriklim sub tropis.

 

Bagi Anda yang berencana mendesain warna rumah tropis, berikut beberapa cara memilih warna untuk mempermudah Anda dalam mendesain warna rumah tropis. Pilihan warna yang pertama yaitu, warna-warna cerah, seperti warna oranye, warna kuning, atau warna terakota. Agar tidak terlihat norak,  lakukan padupadan yang pas, bisa dengan menyandingkan warna cat cerah di dinding dengan furnitur atau perabotan rumah. Dengan begitu akan terwujud kesan keindahan yang selaras nan ceria dan menyatu dengan alam.