Daftar Bandara Udara Domestik & Internasional yang Berada di Sumut

 

Siapa bilang Sumut hanya memiliki satu Bandara ? kalau kamu berpikir demikian, kali ini kamu salah. Faktanya Sumut memiliki delapan (8) Airport  yang selama ini banyak orang-orang tidak tau.

Berikut ulasan singkat 8 Bandara Udara yang ada di Sumut :

1. Bandara Internasional Kuala Namu (KNO Airport)

Airport ini terletak di kawasan Deli Serdang Sumut. Masih banyak orang yang salah dan berfikiri bahwa Kuala Namu Airport ini terletak di Kawasan wilayah Medan, padahal faktanya secara administrasi Bandara ini terletak di Kabupaten Deli Serdang, sekitar 1 jam perjalanan dengan bus dari Wilayah Medan.

Untuk menjangkau Bandara Kuala Namu dari Medan kamu bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi, seperti Taxi, Transportasi Online, Bus Umum seperti ALS, Damri, sepeda motor dan Bus Pariwisata Medan jika kamu rombongan wisatwan yang bertujuan liburan dan mengutamakan kenyamanan dan ketenangan dalam perjalanan.

Bandara Internasional Kuala Namu ini sudah sangat canggih selain menggunakan system checkin dan pemeriksaan yang sanggih, Bandara ini sudah terkoneksi dengan Jalur Kereta Api dibawah naungan PT Railink. Keren kan, jadi kamu akan lebih mudah menikmati Tour Medan.

2. Bandara Udara Sibisa

Aiport yang satu ini  adalah merupakan Bandara Internasional yang letaknya berada di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba. Bandara ini secara resmi beroprasi 15 November 2006 dengan penerbangan pertama pesawat Susi Air.

3. Bandara Internasional Silangit/ Bandara Sisingamaraja XII

Bandara ini telah berubah nama secara resmi menjadi Bandara Internasional Sisingamaraja XII yang terletak di Siborong Borong Kabupaten Tapanuli Utara. Bandara ini merupakan Bandara yang memiliki akses paling dekat ke Parapat Danau Toba dan Bandara ini merupakan favorit wisatawan dari Malaysia karena ada penerbangan langsung dengan Air Asia dan harganya yang relative murah dan mudah.

4. Bandara/Pangkalan Udara TNI AU Soewondo

Bandara ini dulunya Bernama Bandara Internasional Polonia Medan. Yap, secara resmi Bandara ini adalah Bandara utama di Sumut sebelum di gantikan oleh Kuala Namu dan dikembalikan kepada TNI Angkatan Udara. Saat ini Airport yang berada di pusat Pemerintahan Medan ini fokus sebagai Pangkalan Udara TNI dan sebagai bandara khusus non komersil.

5. Airport Aek Godang

Bandara Udara dengan kode AEG ini berada di Padang lawas Utara Tapanuli dan khusus melayani penerbangan Domestik bagi rakyat sipil.

6. Airport Binaka

Bandara Binaka ini berada di Pulau Nias tepatnya kawasan Gunung Sitoli idanoi. Selalin melalui jalur darat dari Medan – Sibolga/Tapanuli Tengah lalu disambung dengan menggunakan penyebrangan kapal laut, kamu juga dapat mengunjungi Nias apakah untuk keperluan kerja atau berwisata dengan menggunakan pesawat udara dan akan landing di Bandara Domestik Binaka.

7. Bandara Dr. Ferdinand Lumban Tobing Pinang Sori

Bandara yang satu ini terletak di Kawasan Pinang Sori Tapanuli Tengah.

8. Bandara Udara Lasondre

Bandara Lasondre merupakan Bandara yang paling jarang diketahui orang-orang. Bandara Udara Lasondre berada di Ujung utara Kawasan Pulau Tanah Masa  Nias dalam gugusan Kabupaten Nias Selatan.

Leave a Comment