fenomena alam merupakan peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika dan tidak diciptakan manusia, tapi dapat memengaruhi manusia (bakteri, penuaan, dan bencana alam). Seperti letusan gunung berapi, cuaca, dan pembusukan. Sebagian besar dari fenomena alam itu tidak berbahaya seperti hujan. Fenomena alam tsunami dan tornado dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Fenomena merupakan hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga serta tampak mustahil dalam pandangan manusia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana alam. Ini dikarenakan oleh letak geografis Indonesia dilalui zona cincin api pasifik dan sabuk alpide. Bukan cuma itu, wilayah Indonesia juga berapa pada pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Dikutip dari berita terkini, kondisi ini membuat Indonesia tidak luput dari ancaman bencana tsunami. Terlebih aktivitas lempeng di Indonesia yang mempunyai pergerakan cukup aktif. Hal ini semakin memperbesar peluang terjadinya bencana tsunami.

Berikut adalah doa saat ada fenomena alam

1. doa saat turun hujan petir

Diriwayatkan di dalam hadits Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa ketika turun hujan yang diawali dengan petir atau disertai petir seperti berikut ini:

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

2. doa saat turun hujan petir juga disertai angin kencang

Di dalam suatu hadist Imam Muslim meriwayatkan bahwa ketika terjadi hujan dan angin kencang bersamaan , Rasulullah membaca doa berikut

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

3. doa agar terhindar dari bencana

Doa agar terhindar dari bencana ini juga diriwayatkan dalam Hadits Abu Daud dan juga Tirmidzi dari Ustman bin Affan radhiyallahu’anhu. Khalifah ke-3 itu pernah mendengar Rasulullah menganjurkan doa agar terhindar dari musibah. Ini doanya:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).”

Kita juga bisa membaca doa keselamatan diri dan keluarga dengan membaca:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya : “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

4. doa penolak bala

Berikut doanya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *