Lakukan Tips Jitu Ini Untuk Mencegah AC Bocor

Iklim tropis di Indonesia memiliki suhu yang cukup hangat. Untuk mengurangi suhunya, maka masyarakat banyak yang mulai memasang AC di rumahnya. Adanya alat elektronik ini tentu saja sangat efektif untuk mengurangi hawa panas. Namun, tidak sedikit masyarakat yang pernah mengalami AC Bocor.

Hal seperti ini memang bisa saja terjadi oleh berbagai faktor kerusakan pada komponen AC. Kerusakan seperti ini harus segera diperbaiki agar AC bisa digunakan sebagaimana semestinya. Agar tidak mengalami kebocoran AC maka ada beberapa yang perlu dilakukan. Simaklah ulasan yang ada di bawah ini.

1. Mengecek Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan adalah hal yang penting untuk dimiliki AC. Adanya saluran pembuangan ini berfungsi untuk membuang air yang berasal dari unit AC. Kondisi yang selalu basah pada saluran ini memungkinkan banyak tumbuh jamur dan lumut di sekitar saluran pembuangan. Apabila jamur dan lumut semakin menumpuk bisa mengakibatkan saluran menjadi tersumbat.

Saluran pembuangan yang tersumbat inilah bisa menyebabkan AC bocor jika dibiarkan semakin membesar. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka Anda harus rutin membersihkan saluran pembuangan AC. Pastikan juga untuk membersihkan jamur dan lumut yang menempel pada saluran pembuangan. Lakukan pengecekan ini setidaknya satu bulan sekali.

2. Rutin Melakukan Service

AC bisa berfungsi dengan baik apabila kondisinya bagus dan tidak terjadi kerusakan tertentu. Namun jika terjadi masalah tertentu seperti AC mengalami kebocoran, maka sudah seharusnya anda memanggil jasa service. Agar kerusakan tidak terjadi pada AC Anda, maka diperlukan adanya service AC secara rutin.

Akan lebih baik, jika menggunakan orang yang sudah berpengalaman untuk melakukan service AC. Hal ini dilakukan setidaknya dua bulan sekali agar tidak terjadi kerusakan lainnya. Namun, waktu service AC bisa saja berubah tergantung seberapa sering AC dipakai. Semakin sering dipakai, maka semakin singkat pula waktu yang tepat untuk melakukan service AC secara rutin.

3. Perhatikan Saat Memasang AC

AC Bocor tidak hanya bisa terjadi karena komponen yang bermasalah dan mengalami kerusakan saja. Melainkan bisa saja terjadi karena pemasangan AC yang tidak tepat. Adanya kesalahan dalam pemasangan AC juga dapat mengakibatkan kebocoran. Untuk itu perhatikan dengan baik saat akan memasang AC.

Apabila tidak bisa melakukan pemasangan AC secara mandiri, sebaiknya memanggil orang yang sudah berpengalaman dalam memasang AC. Pemasangan Ac yang tidak tepat memang memiliki resiko yang mengalami kerusakan. Hindari hal ini jika memang tidak bisa memasang AC dengan benar.

4. Mengecek Saluran Kondensasi

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencegah adanya kebocoran AC adalah dengan melakukan pengecekan saluran kondensasi. Saluran kondensasi ini berguna sebagai saluran tempat masuknya udara yang hangat dan juga lembab. Udara tersebut nantinya akan ditiupkan menuju saluran kondensasi agar menjadi lebih dingin.

Saluran kondensasi yang tidak dibersihkan secara rutin memungkinkan akan mengalami penyumbatan. Untuk itu, anda harus melakukan pembersihan secara rutin agar tidak ada lagi masalah kebocoran pada AC. Selalu cek saluran ini setiap satu bulan sekali untuk mengetahui apakah terdapat penyumbatan atau tidak. Jika ada, segera lakukan pembersihan.

AC Bocor memang menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh masyakat. Saat mengalami kebocoran, maka AC tidak bisa berfungsi secara normal. Untuk itu diperlukan adanya perawatan yang tepat untuk mencegah adanya kebocoran pada AC.

Jika sedang mencari jasa service untuk AC yang bisa membantu permasalahan air conditioner di rumah Anda maka bisa memilih dari Sejasa. Sejasa merupakan platform yang memudahkan Anda untuk menemukan jasa apa saja yang membantu permasalahan Anda.

Leave a Comment