Makanan Sumber Protein yang Rendah Lemak

Protein merupakan zat gizi yang fungsi utamanya memperbaiki jaringan sel agar dapat berfungsi dengan baik. Nutrisi ini ditemukan di seluruh tubuh, termasuk tulang, kulit, otot, dan rambut. Dapat dikatakan bahwa sekitar 20% dari tubuh manusia terdiri dari protein. Itulah mengapa kita harus mengonsumsi makanan sumber protein agar tubuh juga bisa beraktivitas dengan baik.

Salah satu fungsi terpenting protein adalah menghasilkan enzim dan hormon yang membantu menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Enzim bekerja dengan mengendalikan reaksi kimia dan hemoglobin yang membawa oksigen ke dalam aliran darah, sementara hormon menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit ringan.

Protein juga memiliki kemampuan untuk membangun sel dan jaringan dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Penuhi kebutuhan protein setiap hari agar bisa mendapatkan semua manfaat tersebut namun tentunya juga penting mengonsumsi makanan rendah lemak untuk menghindari obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak

1. Almond

Almond kaya akan protein dan serat, terutama vitamin E, mangan dan magnesium. Makan 10 almond akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda sambil mempertahankan berat badan yang seimbang.

Makan 10 almond dapat menyediakan 0,25 g protein. Satu ons atau 28 gram almond mengandung hampir 6 gram protein, 3,5 gram serat, dan 14 gram lemak sehat, sebagian besar tidak jenuh. Kacang kaya protein lainnya adalah pistachio dan kacang mete.

2. Keju Cottage

Makanan sumber protein ini dianggap tinggi protein dan rendah lemak dan kalori. Keju lembut ini kaya akan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2) dan banyak nutrisi lainnya. Kandungan protein menyediakan hingga 69 kalori.

Satu cangkir (226 gram) dari keju lembut mengandung 1% keju rendah lemak, 28 gram protein, dan 163 kalori. Keju berprotein tinggi lainnya adalah Parmesan (38%), Swiss (30%), mozzarella (29%) dan cheddar (26%).

3. Tuna

Tuna adalah sumber makanan laut yang kaya nutrisi. Kandungan protein ikan tuna adalah 84 kkal (tuna kalengan). Satu kaleng (142g) tuna mengandung 27g protein dan 128 kalori. Makanan tinggi protein dan rendah lemak ini juga dikenal dengan manfaat omega-3-nya yang baik untuk otak.

4. Susu

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi, kaya akan kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika Anda ingin membatasi asupan lemak, pilihlah susu rendah lemak atau non-lemak. Kandungan protein susu memiliki 21% kalori. Satu cangkir susu mengandung 8 gram protein dan 149 kalori.

Sementara itu, penderita alergi laktosa bisa mengonsumsi satu cangkir susu kedelai yang mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori. Anda bisa mengonsumsi susu bukan hanya sebagai makanan sumber protein namun juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian lainnya terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang dengan mengonsumsu susu Nestle Dancow.

Leave a Comment