MANFAAT LUAR BIASA JAGUNG DAN KANDUNGA GIZI YANG BAIK BAGI KESEHATAN TUBUH

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengahdan selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk afrika dan beberapa daerah di indonesia.

Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai

Ada banyak manfaat jagung untuk kesehatan. Kandungan gizi pada jagung membuat tanaman bernama Latin Zea mays ini dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, mengatasi konstipasi, dan bahkan untuk menjaga berat badan.

Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengonsumsinya, baik berupa camilan jagung rebus, pop corn atau brondong jagung, juga olahan berbahan dasar jagung lainnya seperti tortilla, tortilla chips, tepung jagung, dan minyak jagung.

Kandungan Gizi dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Manfaat jagung untuk kesehatan dapat ditelaah dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada pop corn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik.

Sedangkan minyak jagung mengandung sejumlah vitamin E dan fitosterol yang dipercaya memberi pengaruh baik pada kadar kolesterol di tubuh Anda.

Apapun olahannya, jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Dibanding asupan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksida, seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin yang memengaruhi warna jagung menjadi merah atau biru dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein yakni karotenoid yang baik untuk kesehatan mata.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat jagung, pastikan untuk memeriksa kandungan tambahan terutama pada produk jagung yang sudah diolah. Pastikan membaca kemasan produk olahan jagung untuk mempertimbangkan bahan tambahan yang digunakan.

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat jagung yang bisa didapatkan tubuh:

  1. Cegah Alzheimer

Jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

  1. Mengatasi depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

Itulah manfaat jagung yang baik bagi kesehatan yang telah kami rangkum dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh keluarga anda.

Dan untuk kalian yang ingin berbelanja bahan pokok dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, anda bisa segera berkunjung di platform TaniHub Anda bisa melakukan pembelian di platform ini secara online tanpa harus keluar rumah.

TaniHub menyediakan beragam produk yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memilih beragam keperluan anda melalui platform ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.

Leave a Comment