Manfaat memiliki taman rumah

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang indah dan nyaman.  Bagi yang tinggal di perkotaan, rumah berdesain minimalis banyak diminati.  Hal ini disebabkan terbatasnya ketersediaan lahan di perkotaan dan sedikit kenaikan harga lahan.

Beberapa orang yang memiliki rumah bergaya minimalis memerlukan strategi khusus untuk mendesain interior dan eksterior rumahnya agar bisa nyaman, santai dan menarik meski berdiri di tempat yang tidak terlalu luas.

Manfaat memiliki taman rumah

Salah satu faktor yang berperan penting dalam memberikan tampilan rumah yang nyaman dan asri menurut Tukang Taman Jakarta adalah keberadaan taman.  Bagi yang memiliki pekarangan sempit, pasti diperlukan trik agar lahan menjadi taman yang asri dan tidak memanjakan mata.

Nah, jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi desain taman minimalis, Anda bisa konsultasi dengan Tukang Taman Jakarta yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.  Namun sebelum itu, pertama-tama kita akan membahas tentang beberapa manfaat memiliki halaman belakang.  Kami melihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebagai Ruang Hijau Tempat Tinggal

Keterbatasan lahan bukan alasan untuk mengeringkan rumah tanpa tanaman.  Ada beberapa denah taman minimalis yang bisa memberi ruang hijau pada rumah Anda tanpa halaman yang luas.  Ruang terbuka hijau ini memiliki banyak fungsi.  Beberapa di antaranya dapat mengatur suhu sebagai sumber oksigen dan justru membuat rumah Anda semakin asri.

Sebagai Area Santai Bersama Keluarga

Taman halaman belakang yang sangat bagus atau taman depan kecil dan sofa bersama adalah tempat yang sempurna untuk bersantai.  Jika Anda berkumpul di taman, rasa lelah dan penat Anda akan cepat hilang setelah seharian beraktivitas.

Taman Bisa Mempercantik Tampilan Rumah

Taman yang asri dan nyaman secara tidak langsung mempercantik tampilan rumah.  Memiliki banyak tanaman hias di taman akan memberikan nuansa unik pada rumah Anda.  Agar lebih cantik, Anda bisa menambahkan tanaman hias kecil-kecilan, atau Anda bisa membuat pot gantung yang terlihat cantik.

Inspirasi Desain Taman Minimalis Modern

Tentunya banyak sekali desain taman yang cantik dan elegan untuk rumah dengan desain minimalis.  Kunci terpenting adalah memilih tanaman, menempatkan tanaman yang sesuai dan memaksimalkan fungsi taman.  Dengan demikian, ukuran lahan yang sempit dapat dimanfaatkan secara optimal.

Untuk taman minimalis, hindari memilih pohon atau tanaman yang sangat besar atau rimbun.  Jika Anda menggunakan tanaman berukuran besar, taman minimalis yang sangat sempit akan terlihat ramai dan sesak.

Misalnya, jika Anda ingin menanam pohon buah-buahan, sebaiknya gunakan metode Tambulampot (tanaman buah dalam pot) untuk memastikan pohon tidak terlalu tinggi tetapi tetap berbuah.  Pohon yang lebih besar juga berisiko karena akarnya nanti bisa menyebar kemana-mana dan bahkan merusak rumah.

Tanaman yang ingin Anda tanam harus ditempatkan di tempat dan sudut yang tepat.  Tanaman yang lebih besar sebaiknya ditanam di pojok atau pojok taman.  Letakkan beberapa rumput di tengah taman agar terlihat lebih luas.  Jika ukuran lahan benar-benar sangat sempit, sebaiknya gunakan pot atau tangga dan hindari rasa penuh.

Dikutip dari Tukang Taman Semarang, Untuk memaksimalkan fungsinya, Anda dapat mengintegrasikan taman dengan struktur eksterior lainnya.  Misalnya, kolam ikan hias dengan taman bonsai.  Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan dua struktur di satu tempat sekaligus.

Leave a Comment