Peluang Usaha Aneka Keripik

Bisnis memang ada banyak jenisnya, salah satunya adalah usaha makanan. Untuk masyarakat indonesia sendiri mengenal adanya makanan berat dan ringan. Makanan ringan diantaranya adalah Keripik. Pada pembahasan ini akan diulas peluang usaha aneka keripik yang bisa menambah penghasilan tambahan, berikut ulasannya:

1. Keripik Sayur

Untuk pembahasan pertama pemilik bisnis keripik bisa mencoba aneka dari keripik sayuran. Adapun keripik sayur yang dimaksud misalnya sayur bayam.  Kemudian ada juga keripik sawi, keripik brokoli, wortel, terong, pare dan yang tidak boleh ketinggalan adalah keripik jamur. Untuk modal usaha dengan pembuatan keripik sayur ini juga tidak banyak.

Pasalnya bahan bahan yang dipergunakan juga bukan bahan yang harganya mahal. Jika harga satu kilo bayam Rp15.000. Untuk kebutuhan operasional lainnya perbulan 2 juta. Namun, jangan khawatir modal tersebut akan tertutup dengan hasil penjualannya. Pengguna bisa mengemas satu kilo bayam menjadi sekitar 45 bungkus. Kemudian menjualnya per bungkus Rp5.000 dan jika ditotal maka per bulannya mencapai 6,7 juta.

2. Keripik Buah

Setelah membahas keripik sayur maka saatnya untuk mencoba keripik buah, ada banyak aneka buah yang bisa dicoba. Misalnya keripik dari buah adalah apel, sukun, nangka, pisang dan sebagainya. Untuk estimasi modal yang harus dikeluarkan per bulannya jika berbisnis keripik buah adalah 44 juta. 

Ini sudah termasuk biaya pembelian, perawatan mesin, sewa ruko hingga proses packing. Untuk harga jualnya adalah Rp 35.000 per bungkus dan sehari bisa 46 kemasan. Maka total sebulannya mencapai 48 juta. Jadi, per bulan untung 3 jutaan.

Info Lainnya : 7 Jenis Keripik Unik untuk Usaha Kecil

3. Keripik Makanan yang Lagi Trend

Sedangkan untuk kategori keripik makanan yang sedang trend akhir-akhir ini adalah keripik kaca. Kemudian keripik usus, tidak lupa juga dengan keripik tahu dan tempe. Walaupun sudah banyak yang berjualan, namun jika bisa mengkreasikan dengan hal yang lain tentu akan dilirik pembeli.

Untuk bahan keripik kaca adalah tepung tapioka Rp 25.000.  Dan jika diolah bisa mencapai puluhan plastik, kurang lebih 60 plastik per harinya.  Penjual bisa menjualnya per plastik Rp 10.000 maka jika terjual semua sekitar Rp 600.000.

4. Keripik Makanan Unik 

Untuk keripik yang berikutnya adalah keripik makanan unik seperti keripik ubi ungu manis. Selain itu juga ada keripik ceker, paru hingga kulit ayam. Jika kebanyakan orang menggunakan bahan tersebut untuk olahan makanan basah, namun untuk gebrakan baru bisa menggunakan bahan tersebut sebagai keripik.

Untuk analisa penjualan keripik dari bahan, peralatan hingga biaya operasional adalah sekitar 2 juta perbulannya.  Dan untuk penjualan keripik per bungkusnya adalah Rp 11.500, maka jika per hari ada 9 bungkus maka total dalam 1 bulan mencapai 3,1 juta. Maka keuntungan per bulannya sekitar 1,1 juta.

5. Keripik Cabe

Dan untuk selanjutnya cabe bisa diolah menjadi sebuah peluang usaha aneka Keripik. Untuk biaya operasional lengkapnya perbulan mencapai 15 juta, termasuk gaji karyawan. Dan hasil dari penjualan keripik tersebut adalah 16 juta. Adapun untuk harga per plastik Rp 10.000 dan dianggap per harinya bisa memproduksi 55 plastik. Maka jika dihitung mendapatkan keuntungan bersih 1 juta. 

Demikian itu beberapa peluang usaha aneka Keripik yang bisa dijadikan usaha sampingan. Tentunya jika pengelolaan yang tepat bisa jadi usaha utama. Tentunya setiap usaha pasti ada plus minusnya jadi para pemula harus lebih bijak dalam menentukan langkah saat akan berbisnis.

Dapatkan info menarik lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com