Pencegahan dan Fumigasi Menir dengan Obat Kutu Menir

 

 

Menir adalah hasil samping dari proses penggilingan beras. Menir memiliki ukuran yang sangat kecil dan biasanya dimanfaatkan untuk pengolahan pakan ternak. Fumigasi menir dengan menggunakan obat kutu menir akan menjauhkan menir dari kerusakan akibat kutu pada saat disimpan.

Menir sama seperti komoditas pertanian lainnya yaitu mudah mengalami serangan dari hama seperti kutu karena sifatnya yang masih segar.

Pencegahan kutu menir

Sebelum melakukan tindakan fumigasi menir, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu terhadap kemunculan kutu menir tersebut.

Tindakan pencegahan ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat penyimpanan menir yaitu dengan membersihkannya dari air, kotoran, dan sisa makanan yang bisa memicu datangnya kutu menir.

Pipa yang bocor dapat memicu air masuk ke dalam gudang penyimpanan menir. Perbaikan terhadap pipa air yang bocor akan mencegah munculnya kutu menir.

Namun, jika tindakan pencegahan ini tidak dilakukan dengan baik atau berjalan dengan lancar, maka kemungkinan munculnya kutu menir akan tetap ada, sehingga obat kutu menir juga menjad dibutuhkan.

Fumigasi secara aman

Proses fumigasi umumnya menggunakan bahan-bahan kimia sebagai fumigan atau obat kutu yang digunakan untuk mengusir kutu atau hama.

Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam fumigan atau obat kutu tidak semuanya aman untuk bahan yang difumigasi. Jika bahan yang difumigasi adalah komoditas pangan, maka bahan fumigan yang digunakan juga harus aman.

Fumigasi menir harus dilakukan dengan obat kutu menir yang aman, sehingga tidak meninggalkan residu bahan kimia berbahaya pada menir.

Fumigasi menir yang aman dapat dilakukan dengan memastikan bahwa proses fumigasi dilakukan pada kondisi atau tempat yang aman dari jangkauan orang banyak.

Penggunaan obat kutu menir juga harus mengikuti petunjuk yang ada dan dilakukan secara berhati-hati. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan jasa pihak ketiga atau orang yang telah profesional melakukan proses fumigasi.

Hal yang harus dihindari

Saat menggunakan obat kutu menir untuk fumigasi menir ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

Pertama, jika penggunaan obat kutu menir untuk proses fumigasi secara indoor maka Anda harus memilih jenis obat kutu menir yang dirancang untuk penggunaan indoor.

Kedua, Anda harus membaca semua instruksi dan informasi yang dituliskan pada label kemasan obat kutu menir. Pastikan Anda membaca dan mengikuti semua instruksinya dengan teliti, karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya adalah bahan yang mengandung racun untuk mematikan kutu menir.

Ketiga, hindarilah menyimpan kemasan bekas obat kutu menir untuk tujuan apapun. Meskipun kemasan tersebut telah dicuci bersih, namun tidak menjamin keamanannya dari sisa atau residu bahan kimia berbahaya yang tertinggal di dalamnya.

Keempat, pastikan kandungan air komoditas menir yang akan difumigasi memiliki kadar air tidak lebih dari 17%. Hal ini akan mempengaruhi proses penyerapan terhadap obat kutu menir.

Kesimpulan

Fumigasi dapat menghindarkan kerusakan komoditas dari serangan hama seperti kutu. Fumigasi menir yang dilakukan dengan baik akan menghindarkan menir dari kerusakan akibat kutu menir.

Dalam melakukan fumigasi terhadap menir, diperlukan obat kutu menir yang harus digunakan dengan mengikuti instruksi yang telah ditetapkan.

Obat kutu menir mengandung bahan aktif yang beracun, sehingga harus dilakukan secara profesional. Selain itu, dosis penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi area yang dilakukan fumigasi.

Leave a Comment