Riset Unggulan Teknologi Informasi dan Komunikasi Telkom University

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah perlu dalam berbagai bidang penelitian. Inilah kenapa latar belakang pelaksanaan riset teknologi informasi dan komunikasi oleh Telkom University. Tujuan utama pelaksanaan riset ini yaitu menciptakan jaringan untuk memudahkan pemasaran produk.

Latar Belakang Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pelaksanaan riset teknologi informasi dan komunikasi oleh Telkom University berdasarkan latar belakang. Lebih tepatnya, teknologi informasi dan komunikasi sangat perlu untuk mendukung setiap penelitian.

Banyak kemudahan jika menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam sebuah penelitian, salah satunya agar siapapun dapat mengakses jaringan. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tantangan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pelaksanaan riset teknologi informasi dan komunikasi tentu tidak terlepas dari berbagai tantangan. Ada kemungkinan tantangan pada bidang ini berlangsung di tahun 2040 yang meliputi beberapa hal berikut ini.

  • Kemiskinan yang terjadi dalam perdagangan dan layanan kesehatan menjadi tantangan tersendiri. Inilah kenapa sangat perlu adanya teknologi informasi agar dapat menanggulanginya.
  • Adanya konflik yang terjadi dalam pemahaman lintas budaya menjadi salah satu tantangan tersendiri. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Tantangan lain dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yaitu pengusaha mendapatkan kemandirian dan kesejahteraan pada negara masing-masing.

Tujuan Adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi mempunyai tujuan tersendiri dalam penerapannya. Berdasarkan latar belakang sesuai penjelasan sebelumnya, berikut ini beberapa tujuan dari teknologi informasi dan komunikasi.

  • Mengupayakan untuk penciptaan jaringan nirkabel dengan akses serta jangkauan lebih luas.
  • Mewujudkan jaringan agar lebih mudah dalam memasarkan produk secara online.
  • Menciptakan sistem televisi dan telepon yang sepenuhnya dapat terintegrasi dengan internet.
  • Mewujudkan jaringan agar dapat mengakses tanpa adanya batasan.
  • Mewujudkan sistem agar rahasia pribadi bisa terjamin aman.

Gap Teknologi Terkini dengan Target

Sampai saat ini meskipun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah canggih, tapi penggunaannya masih membutuhkan biaya mahal. Bahkan, masih ada juga keterbatasan dalam merealisasikan perkembangan tersebut.

Riset unggulan teknologi informasi dan komunikasi sangat perlu dengan tujuan untuk menciptakan jaringan agar lebih mudah dalam memasarkan produk secara online. Latar belakang inilah yang mendorong Telkom University melakukan riset tersebut.

Leave a Comment