Tata Cara Aqiqah Sesuai Ajaran Islam

 

Kelahiran sang buah hati tentu adalah salah satu momen berharga dan paling ditunggu pasangan orang tua. Terlebih apabila sang buah hati bisa lahir dengan selamat dan sehat. Sebagai wujud rasa syukur, orang tua disunnahkan mengadakan acara aqiqah atas kelahiran anak.

Pada dasarnya, aqiqah anak perempuan dan laki-laki cenderung sama. Yang berbeda yaitu jumlah kambing yang akan disembelih untuk aqiqah. Jumlah kambing aqiqah anak laki-laki yaitu 2 ekor kambing, adapun untuk perempuan yaitu seekor kambing. Di bawah ini tata cara aqiqah sesuai ajaran Islam untuk anda ketahui.

1. Menyembelih kambing

Langkah pertama dalam melaksanakan aqiqah yakni menyembelih kambing. Sebelum pemotongan hewan aqiqah dimulai, disunnahkan membaca doa terlebih dahulu.

2. Memasak daging

Terdapat dua pendapat tentang daging hewan aqiqah. Menurut pendapat yang pertama dinyatakan bahwa daging hewan aqiqah sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk kemudian dibagikan pada orang agar bernilai sedekah. Adapun pendapat yang kedua yakni daging tersebut disarankan dalam keadaan mentah seperti daging qurban.

Namun, mayoritas ulama sepakat dengan pendapat yang mengungkapkan bahwa memasak daging hewan aqiqah saat akan dibagikan lebih utama daripada membagikan daging yang masih mentah.

3. Mencukur rambut bayi sekaligus memberi nama

Berikutnya, bagian dari tata cara aqiqah yang penting sesuai ajaran Islam yakni memotong rambut bayi sekaligus memberikan nama untuk bayi tersebut. Pemberian nama untuk bayi harus dengan nama yang baik. Sebab ini merupakan cerminan sekaligus doa tentang akhlak sekaligus iman dari anak tersebut pada Allah SWT.

Adapun untuk mencukur rambut si bayi ketika aqiqah, mayoritas ulama menganggap hal tersebut sebagai sunnah yang sebaiknya dilakukan. Rambut yang sudah dipotong tersebut berikutnya ditimbang lalu diganti dengan emas maupun perak sebagai sedekah sesuai berat timbangannya.

Demikian ulasan mengenai tata cara aqiqah sesuai ajaran Islam yang sebaiknya anda terapkan. Salah satu rekomendasi Aqiqah Jakarta terpercaya untuk mendukung acara aqiqah putra dan putri anda adalah Akbar Aqiqah. Anda bisa mempercayakan acara aqiqah kepada kami dan pastinya hasil kerja kami bisa sesuai dengan harapan anda sekeluarga.

Leave a Comment