Ternyata Beginilah Cara Mengajukan Kredit Kendaraan Toyota Raize

Di saat pandemi seperti ini merupakan waktu terbaik untuk membeli mobil baru seperti Toyota Raize yang baru saja dirilis. Hal ini dikarenakan mobil tersebut termasuk salah satu mobil yang mendapat diskon pajak sehingga harganya menjadi lebih murah dibandingkan harga sebelumnya. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan pembeli.

Selain membeli secara cash ternyata kebijakan tersebut juga berlaku untuk pembayaran secara kredit sehingga banyak orang memilih cara ini. Selain dianggap lebih mudah, sistem kredit juga lebih fleksibel terhadap kondisi keuangan.

Tips aman mengajukan kredit kendaraan

Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini secara kredit maka ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mengajukan kredit dengan baik terlebih dahulu. Sebab meski harga Raize termasuk menengah untuk ukuran sebuah mobil MPV tapi belum tentu pengajuan kredit Anda akan diterima. Agar berhasil, berikut beberapa tips yang bisa digunakan.

  1. Cek status di BI

Agar kredit yang diajukan bisa disetujui maka pastikan nama Anda tidak berada dalam daftar hitam Bank Indonesia (BI). Jika Anda pernah mengajukan kredit sebelumnya dan memiliki catatan buruk maka nama Anda bisa saja berada dalam daftar hitam.

Jika sudah begini maka pengajuan kredit tidak akan pernah disetujui sampai kapan pun. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menyelesaikan masalah perbankan terlebih dahulu sebelum mulai mengajukan kredit kembali.

  1. Tahu kebutuhan kendaraan

Memahami kebutuhan kendaraan yang akan dibeli sangat penting untuk menaksir berapa biaya perawatan yang dibutuhkan. Jangan sampai harga kendaraan yang dibeli murah namun biaya untuk perawatan kendaraan sangatlah besar. Hal ini tentu saja harus dihindari.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih kendaraan yang benar-benar diinginkan. Jangan lupa juga untuk membuat perkiraan berbagai biaya yang dibutuhkan selama menggunakan kendaraan tersebut. Jika tidak maka hal ini bisa saja memberikan dampak sangat buruk bagi keuangan Anda.

  1. Perhatikan kondisi keuangan

Ketika melihat angsuran kredit usahakan untuk memilih angsuran berdasarkan dengan kemampuan finansial Anda. Jangan dipaksakan untuk memilih angsuran dengan jumlah terlalu tinggi karena hal tersebut hanya akan membuat kondisi keuangan berantakan.

Pastikan juga jika uang muka atau DP yang harus dibayarkan adalah sekitar 20%-30% dari harga total kendaraan yang diinginkan. Jika ingin DP kendaraan lebih ringan maka coba gunakan opsi tukar tambah jika memang memungkinkan.

  1. Lakukan simulasi kredit

Saat ini hampir semua situs dealer mobil memiliki simulasi kredit sendiri. Fitur ini bisa digunakan untuk memperkirakan besar biaya yang harus dikeluarkan serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi kendaraan impian. Cara kerja fitur ini juga sangat mudah sehingga Anda yang tidak terlalu familiar dengan komputer pun bisa menggunakannya.

  1. Manfaatkan promo

Biasanya dealer mobil selalu rutin mengadakan promo bagi para konsumennya. Promo tersebut bisa digunakan baik untuk konsumen yang membeli secara cash (tunai) atau pun membeli secara kredit. Promo yang ditawarkan juga cukup banyak sehingga Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Membeli di dealer resmi

Selalu usahakan untuk membeli kendaraan melalui dealer resmi Toyota. Hal ini bukan tanpa sebab. Selain menawarkan kualitas serta keamanan lebih baik, Anda juga bisa mendapatkan berbagai bonus yang bisa digunakan untuk mengurangi jumlah angsuran bulanan.

Kebanyakan dealer resmi juga bekerja sama dengan berbagai lembaga pembiayaan. Nantinya, lembaga tersebut akan membantu Anda membeli mobil dengan sistem kredit. Karena ada kerja sama di antara keduanya maka biasanya ada beberapa keringanan yang bisa Anda dapatkan.

Tidak hanya itu, jika di masa mendatang ternyata kredit Anda memiliki masalah maka Anda bisa mengirimkannya kepada orang lain. Dibandingkan dengan tempat lain, pengalihan kredit kepada orang lain di dealer resmi bisa lebih aman karena diawasi langsung oleh pihak pemberi kredit.

Berikut merupakan beberapa tips bagaimana mengajukan kredit Raize di dealer resmi Toyota. Meski sebenarnya masih ada berbagai tips lainnya tapi keenam cara di atas merupakan cara paling sering digunakan oleh masyarakat sehingga dijamin terbukti ampuh dan layak untuk dicoba.

Leave a Comment