Tiga Langkah Mudah untuk Meningkatkan Lirik Lagu Anda!

Tingkatkan lirik lagu Anda; tips menulis lirik bisa berubah hambar menjadi mengasyikkan!

Ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi sebagai produser musik yang berbasis di ibu kota musik dunia- Nashville- saya sangat memperhatikan kualitas lirik dan juga kualitas musik. Menurut pendapat saya, produksi lagu yang bagus dimulai dengan lagu yang bagus dan menciptakan musik yang bagus hanyalah setengah dari perjuangan.

Sebenarnya, saya akan menggeneralisasi: rata-rata pendengar lebih memperhatikan penyanyi dan kata-kata yang mereka nyanyikan daripada apa pun yang bisa saya lakukan dalam hal aransemen musik. Ada pengecualian yang berbanding terbalik dengan kompleksitas lagu; tentu saja lirik lagu country yang sederhana mendapat lebih banyak perhatian daripada lagu pop yang banyak diproduksi. Tapi di sini ada tiga tip sederhana yang akan meningkatkan lirik apa pun.

Pertama, ada banyak lirik yang hampir generik dan klise yang muncul di tangga lagu, tetapi kebanyakan ditulis oleh artis atau produser rekaman. Mereka tidak melalui tantangan pengawasan profesional industri bahwa sebuah lagu yang tidak memiliki track dalam harus bertahan.

Langkah pertama untuk menghindari hambar adalah membuat judul yang menarik dan unik. Misalnya, ubah “I Love You So Much” menjadi “I Love You So Much I’m Rollerblading to Nova Scotia Untuk Melihat Anda” Sekarang itu konyol tetapi Anda mendapatkan idenya. Buatlah berbeda. Gunakan kekuatan kata-kata untuk memaksa penerbit yang meninjau download lagu lagu Anda untuk berhenti dan berpikir, “Sekarang ini adalah sesuatu yang berbeda … penulis lagu ini memiliki beberapa kecerdasan, beberapa bakat, dan memahami kerajinan lagu”.

Kedua, pastikan bahwa bagian verse, chorus, dan bridge dari lirik Anda dipisahkan dengan jelas. Jika Anda menggunakan ritme lagu yang sama dan panjang baris yang sama di sepanjang lagu, kemungkinan besar pendengar akan sulit membedakan di mana satu bagian berakhir dan bagian berikutnya dimulai. Ubah pola ritme, panjang baris, jumlah suku kata dan di mana suku kata itu jatuh dalam baris atau keempatnya, untuk memisahkan paduan suara dari bait dan jembatan.

Ketiga, kesegaran adalah raja. Tulis ulang sesering yang Anda butuhkan, ganti klise dengan sesuatu yang lebih unik. Aliterasi, anafora, dan teknik sastra lainnya dapat membantu membuat lirik Anda menarik perhatian.

Tampaknya di dunia yang penuh dengan keadaan biasa-biasa saja, mudah untuk menonjol, tetapi cepat atau lambat keputusan untuk menghabiskan ratusan ribu dolar ke dalam produksi dan pemasaran CD harus diputuskan di antara segelintir pekerjaan kelas dunia. Pastikan lirik Anda termasuk dalam kategori tersebut.

Juga, sebelum menutup saya harus menyebutkan bahwa jika Anda mengatur struktur tertentu dalam ayat satu, suku kata ayat dua, panjang baris, dll harus cocok dengan suku kata-untuk-suku kata atau setidaknya sangat dekat. Hei, itu empat tips gratis dan saya berjanji hanya tiga! Bagaimana itu untuk tawar-menawar?

Leave a Comment