Tips Menanam Jahe Merah Di karung Dan Polybag

Tanaman jahe merah ini sangat digemari di kalangan masyarakat indonesia yang dijadiakan bumbu masakan, bukan cuman itu saja tanaman jahe ini juga dijadikan sebagai obat tradisional herbal jahe yang sangat berkhasiat.

Jahe merah ini juga banyak diminati oleh negara luar negeri loh. Karena khasiat dari jahe merah inilah sehingga banyak yang menggunakan sebagai obat herbal dari ekstraksi jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Untuk itu kamu juga bisa membudidayakan tanaman jahe dirumah kamu sendiri. Dengan membudidayakan tanaman jahe merah sangat menguntungkan bagi kamu.

Bagaimana sih cara untuk membudidayakan tanaman jahe merah ini agar tidak ribet?

Nah, untuk kamu yang ingin membudidayakan tanaman jahe merah yang sangat mudah dan gampang. Kamu tidak perlu memakai lahan yang luas saja, kamu tinggal menggunakan sebuah karung atau polybag dengan menggunakan sebagai media tanam .

Jika menggunakan di lahan kebun  maka yang dihasilkan sekitar 1 sampai 5 kg dan proses pertumbuhannya bisa lebih dari satu tahun. Namun apabila dipakai sebagai tempat menanam jahe terus menerus maka hasilnya mungkin kurang bagus dan kualitas tanah tersebut berkurang. Jika membudidayakan tanaman jahe merah dengan menggunakan media karung atau polybag maka hasil yang di panen bisa lebih dari 20kg dan proses tanamannya sangat singat hanya butuh sekitar 8 sampai 10 bulan.

Tips Budidaya Jahe Merah Di Karung / Polybag

Apa saja sih tips dalam membudidayakan tanaman jahe pada karung dan polybag?

Untuk itu kami memberikan tips untuk membudidayakan jahe merah pada media karung dan polybag berikut  ini caranya.

Siapkan  media tanam untuk jahe merah

Nah, yang paling penting itu dalam membudidayakan tanaman jahe merah ini adalah kamu perlu menyiapkan media tanaman berupa karung atau polybag.

Disini apabila kamu menggunakan media tanam berupa karung yang besar maka hasilnya juga akan lebih besar pada tanaman jahe merah tersebut.

Jika kamu menggunakan media tanam berupa  polygab maka sebaiknya kamu menggunakannya dengan ukurang minimal 40 kali 50 cm.

Dalam pengisiannya di media tanam karung atau polygab dengan mencampurkan tanah, pasir, serta pupuk organik dalam perbandingan 1:1:1 atau bisa 1:1:2.

Pembibitan dan penyemaian pada jahe merah

Disini ada dua cara yang bisa kamu gunakan dalam membudidayakan tanaman jahe yaitu dengan melalui pembibitan jahe merah yang siap di tanam atau kamu juga bisa memakai cara menyemai jahe merah yang sudah bertunas sekitar 5 sampai 10 cm. Dengan menggunakan cara menyemai kamu dapat memilih jahe merah yang telah dipanen kemudian di jemur  dan disimpan kurang lebih 1-2 bulan. Pilihlah rimpang yang berkualitas yang ukurannya besar dan tidak cacat.

Setelah itu patahkan rimpang jahe merah hingga memiliki 3 sampai 5 tunas lalu dijemur kembali. Selanjutnya bersihkan bibit jahe merah dari bakteri atau jamur dengan merendam bibit jahe menggunakan zat pengatur tumbuh SOT HCS selama 4 jam.

Setelah itu bibt tersebut sudah bisa disemaikan. Perlu diingat jika menggunakan cara menyemai bibit tersebut harus keadaan lembab hingga berkecambah sekitar 2 minggu dan tempatkan lah yang tidak bisa terkena sinar matahari atau air hujan secara langsung.

Penanaman dan perawatan pada jahe merah

Jika usia benih jahe merah sudah 4 minggu dan tingginya sekitar kurang lebih 10 cm, maka siap di potong dari rimpangnya untuk ditanam di media yang sudah disiapkan. Untuk cara ini kamu perlu berhati-hati agar tidak merusak bibit jahe merah yang masih muda.

Penyiraman

Cara selanjutnya dengan menyiram tanaman jahe agar bisa memasuki fase pengering dimana tanaman jahe merah yang sudah tua dan sudah mendekati ketahap panen. Penyiraman ini dilakukan setiap hari pada sore hari nya.

Pemupukan

Selanjutnya tanaman jahe merah ini  perlu di beri pupuk agar pertumbuhannya cepat. Pemupukan ini dilakukan setiap 2 bulan sekali  dengan menambahkan pupuk organik atau pupuk kandang ke media tanam. Biasanya pemupukan pada jahe merah ini dilakukan 3 kali selama masa umur pada jahe merah.

Itulah 5 tips yang mudah untuk membudidayakan tanaman jahe merah yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan berguna buat kamu yang ingin budidayakan tanaman jahe merah.

Leave a Comment