Tips Mengikuti Pelatihan Online Agar Meningkatkan Skill Profesional

Sejalan dengan program Kartu Pra kerja yang dibuat oleh pemerintah, maka kemudian banyak sekali masyarakat yang sadar akan pentingnya mengikuti bimbingan atau pelatihan kerja, tujuannya adalah untuk meningkatkan skill dan potensi mereka. Karena selama ini mungkin karir tidak kunjung berkembang disebabkan oleh keterbatasan skill atau keahlian yang dimiliki. Hal tersebut jugalah yang kemudian membuat banyak bermunculan lembaga-lembaga pelatihan online  dengan beragam program yang ditawarkan kepada masyarakat.

Lalu apakah semua lembaga pelatihan kerja tersebut bagus? sudah pasti tidak. Apalagi tak jarang diantaranya masih lembaga baru atau seumur jagung yang tidak jelas. Ada baiknya untuk selektif dalam memilih sehingga nantinya Anda sendiri juga tidak akan menyesal. Karena banyak orang yang sudah merelakan keluar banyak uang untuk mengikuti program pelatihan tersebut, namun ternyata kualitasnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, tentunya sangat rugi bukan, sudah keluar banyak waktu dan uang, namun ternyata kualitas pelatihan yang diberikan buruk.

Dalam mengikuti pelatihan online ini sendiri juga tidak boleh sembarangan atau asal-asalan, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda membuang banyak waktu, tanpa ada ilmu atau skill yang didapatkan sama sekali. Berikut ini diantara beberapa tipsnya yang harus diketahui, yaitu:

  1. Mengidentifikasi kemampuan yang akan ditingkatkan, jangan asal ikut-ikutan orang lain, karena pada dasarnya setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda, maka ikutilah pelatihan yang memang sesuai dengan passion Anda. Ada banyak program bidang keahlian yang nantinya dapat ditingkatkan, seperti kemampuan marketing, komunikasi, bahasa dan sejenisnya. Pastikan memang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, bukan sekedar ikut-ikutan saja.
  2. Pilihlah waktu terbaik dalam mengikuti pelatihan tersebut, jangan membuka dan mengikuti pelatihan online dalam kondisi tubuh yang sedang capek sehabis kerja, karena hal ini hanya akan membuat ilmu yang diberikan tidak terserap dengan baik. Anda bisa mengikutinya ketika weekend atau liburan. Dengan demikian maka bisa lebih fokus dengan pelatihan tersebut, fokus tidak akan terbagi atau terpecah.
  3. Mendedikasikan satu ruangan khusus untuk mengikuti pelatihan, hal ini dimaksudkan sehingga nantinya Anda tidak akan terinstrupsi oleh gangguan lain, fokus pada pembelajaran, misalnya adalah mengikuti pelatihan di kamar. Selama pelatihan tersebut dijalankan maka sebaiknya kunci pintu agar tidak ada yang mengganggu, anggap saja sedang kuliah online.
  4. Disiplin mengikutinya, jangan hanya mengikuti setengah jalan saja, melainkan harus diselesaikan sampai nantinya mendapatkan sertifikat. Karena memang tak jarang orang-orang yang mudah bosan hanya akan melakukan kegiatan pelatihan setengah jalan saja, tidak sampai akhir. Ini bukan sesuatu yang patut untuk ditiru. Jika sudah mengikuti sejak awal, maka harus ada komitmen untuk menyelesaikannya.
  5. Praktek langsung, jangan hanya mendengarkan materi saja melainkan harus dipraktekkan. Kunci Anda bisa mendapatkan ilmu yang sudah dipelajari tersebut tak lain adalah dengan mau untuk mempraktekkannya, jadi bukan sekedar materi, melainkan harus terjun ke lapangan.

Pelatihan online ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda para karyawan yang ingin meningkatkan skill atau keterampilan baru, sehingga bisa mencoba bidang pekerjaan yang lainnya. di Indonesia cukup banyak lembaga yang mengeluarkan program-program pelatihan semacam ini, salah satunya adalah dari Prasmul-ELI, tak hanya pelatihan secara personal saja, melainkan juga ada training khusus untuk para karyawan. Sehingga untuk perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas SDM mereka juga bisa menjadikan Prasmul-ELI sebagai pilihan.

Leave a Comment