Tips Sebelum Mulai Jadi Lender Fintech P2P Lending

Layanan teknologi finansial atau yang sering disebut dengan fintech peer to peer lending ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk melakukan investasi dengan bunga yang menarik. Selain itu, fintech ini juga memiliki beragam karakteristik risiko. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum menjadi seorang investor fintech.

Tips Memulai Fintech P2P Lending

Munculnya P2P Lending ini cukup membanu banyak orang, terlebih masyarakat yang memiliki usaha kecil. Hal ini dikarenakan P2P Lending membuka akses permodalan usaha yang relatif lebih fleksibel daripada jenis investasi konvensional. Untuk langkah aman, berikut akan dijelaskan bagaimana tips memulai fintech P2P Lending.

  1. Memilih Platform yang Sudah Terdaftar di OJK

Jika ingin mulai menjadi lender fintech P2P Lending, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa platform tersebut sudah memiliki izin dari OJK. Hal ini dikarenakan banyak sekali perusahaan fintech yang tidak terdaftar di OJK, sehingga bisa menjadi salah satu ancaman tersendiri bagi para lendernya.

  1. Pastikan Platform Memiliki Akun Media Sosial Aktif

Sebagai satu satu insrumen investasi baru, maka diperlukan suatu edukasi yang rutin, baik dari pemerintah maupun dari platform pengembanganya. Agar para lenders mengerti poduk dari P2P Lending, maka diperlukan suatu informasi yang bisa diakses dengan mudah, salah satunya adalah melalui media sosial.

Hal ini dikarenakan medi sosial yang aktif bisa menjadi salah satu indikator positif dalam mendapatkan calon lenders baru.

  1. Pilih Platform yang Memberikan Akses Permodalan

P2P merupakan akse yang tepat untuk bisa memiliki dana lebih dalam mendanai UKM yang memang sedang membutuhkan pinjaman modal. Hal ini dikarenakan akses terhaap peminjam sudah dianalisa dengan baik, dan sudah disesuaikan juga dengan tingkat resikonya.

Dengan analisa tersebut, maka pihak P2P bisa menyediakan informasi yang lebih lengkap, mulai dari kelayakan pengajuan pinjaman, hingga penyesuaian tingkat risiko dengan jumlah pinjaman yang nantinya akan diberikan.

Bagi Anda yang ingin lebih memahami bagaimana cara  memulai P2P Lending Fintech Indonesia, maka Anda bisa mendapatkan berbagai tipsnya dari Dunia Fintech. Mengapa harus Dunia Fintech? Karena Dunia Fintech merupakan wadah informasi yang berisikan tentang fintech secara lebih lengkap dan lebih luas.

Leave a Comment