Wajib Tahu! Begini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Mengalami Kerusakan atau Lecet

Ketika berkendara, kita tidak tahu apa yang terjadi nantinya. Bisa saja kita mengalami kecelakaan dan menyebabkan mobil mengalami kerusakan atau lecet. Oleh karena itu, asuransi kendaraan sangatlah penting untuk berjaga-jaga dari kejadian tidak terduga.

Dalam pengajuan klaim, kita perlu mengikuti beberapa langkah dan mempersiapkan dokumen kelengkapan. Pastikan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan klaim asuransi mobil telah lengkap agar tidak menghambat jalannya proses klaim. Namun, tidak semua asuransi mobil akan memberikan proteksi yang sama.

Sebab, jenis asuransi akan menyesuaikan dengan apa yang kita pilih ketika membeli produk asuransi untuk mobil kepada agen atau perusahaan penyedia asuransi terpercaya.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil Paling Umum

Di Indonesia, jenis asuransi mobil yang paling umum adalah Total Loss Only (TLO) dan All Risk (Comprehensive). TLO memberikan klaim ketika mobil yang telah diasuransikan mengalami kerusakan sebesar 75% atau lebih, kurang dari itu klaim tidak akan bisa dipakai.

Biasanya, TLO berlaku untuk mobil yang mengalami tingkat kerusakan yang parah, sehingga tidak berlaku untuk mobil yang kerusakannya ringan. Kelebihan utama dari jenis asuransi ini adalah mempunyai premi terjangkau. Sedangkan jenis asuransi All Risk memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap berbagai risiko yang kemungkinan mobil kita alami.

Apabila mobil memiliki kerusakan ringan, seperti goresan atau lecet maka kita bisa mengajukan klaim asuransi ini. Namun, All Risk mempunyai premi yang lumayan tinggi, membuat kalangan tertentu merasa diberatkan. Jenis asuransi satu ini juga sudah mencakup biaya perluasan pertanggungjawaban asuransi mobil, seperti gempa, banjir, tsunami dan sebagainya.

Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak atau Lecet

Berikut ini merupakan cara pengajuan klaim asuransi mobil yang mengalami kerusakan atau lecet, di antaranya:

Mempersiapkan Dokumen

Dokumen yang perlu kita siapkan di antaranya fotokopi SIM, polis asuransi, STNK, formulir klaim asuransi dan surat keterangan dari polisi, jika mobil mengalami lecet atau rusak akibat kecelakaan lalu lintas. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap sebelum menghubungi pihak asuransi untuk mengajukan klaim.

Hubungi Kantor Asuransi

Setelah dokumen siap, kita bisa langsung datang ke kantor cabang asuransi terdekat atau menghubungi pihak asuransi terlebih dahulu, bisa melalui telepon atau email. Lalu, kita hanya tinggal mengikuti panduan yang dijelaskan petugas terkait tata cara pengajuan klaim asuransi.

Foto Kerusakan Pada Mobil

Agar segera mendapatkan klaim asuransi, maka perlu juga mempersiapkan foto dokumentasi yang memperlihatkan kondisi mobil yang mengalami kerusakan atau lecet. Kirimkan file foto melalui alamat surel atau pesan pribadi pihak asuransi mobil.

Berikan juga informasi yang jujur dan jelas kepada pihak asuransi, agar pengajuan klaim yang kita lakukan segera disetujui.

Mengisi Formulir

Pastikan juga telah mengisi formulir pendaftaran yang telah pihak asuransi sediakan, dan harus menerangkan secara detail mengenai kerusakan pada mobil. Dari penjelasan kita, pihak asuransi akan mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada mobil.

Dokumen Pihak Ketiga

Jika kerusakan yang terjadi pada mobil kita akibat kelalaian pihak ketiga, siapkan pula dokumen untuk memperoleh ganti rugi. Hubungi pihak asuransi supaya mendapatkan detail dokumen yang perlu kita siapkan.

Kunjungi Bengkel Rekanan Pihak Asuransi

Selain pihak asuransi, kita juga bisa datang atau menghubungi pihak bengkel yang menjadi rekanan pihak asuransi. Langsung saja isi formulir yang telah disiapkan oleh pihak bengkel. Jika pengajuan klaim berhasil disetujui, maka kerusakan mobil kita bisa langsung pihak bengkel perbaiki.

Asuransi mobil memang sangat penting, terlebih lagi kini ada peraturan pajak mobil 0% yang berpengaruh pada meningkatnya daya beli masyarakat akan kendaraan bermotor. PT Anugrah Atma Adiguna menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan asuransi mobil dan asuransi lain yang terpercaya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, kunjungi laman resminya di duitpintar.com. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment