Yuk Kenali Masalah Kesehatan Pada Lansia Ini!

Beberapa masalah kesehatan pada lansia atau yang sering terjadi pada lansia berbeda dengan masalah yang terjadi pada remaja ataupun dewasa. Berbagai masalah kesehatan tersebut diakibatkan dari proses alami karena adanya penurunan beberapa dari fungsi di dalam tubuh lansia itu sendiri. Hal inilah menjadi sangat penting bagi kita untuk mengenali berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada lansia.

Untuk mengenali berbagai masalah kesehatan pada lansia tersebut perlu dilakukan dan di mengerti oleh siaa saja yang setiap harinya bertemu dengan lansia. Hal ini tentunya terkait dengan perawatannya bagaimana agar dapat memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka demi tercapainya kesehatan yang maksimal ataupun optimal.

Penyebab kesehatan lansia yang terganggu

Penyebab dari masalah kesehatan yang terjadi pada lansia sangatlah banyak. Di setiap penyebab itu tentunya dibutuhkan juga penyelesaian yang berbeda pula. Ada beberapa penyebab dari berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada lansia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Kurang bergerak

Ada beberapa penyebab dari kurangnya gerak pada lansia diantaranya adalah gangguan fisik, gangguan jiwa dan faktor lingkungan. Untuk penyebab yang paling sering adalah gangguan tulang, sendi dan otot, gangguan saraf dan penyakit jantung. Oleh karena itulah bagi anda lansia dianjurkan untuk sering – sering bergerak minimal jalan kaki 30 menit setiap harinya. Hal ini agar badan anda tetap energic dan sehat

Infeksi

Infeksi merupakan salah satu penyebab dari masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia. Ada beberapa faktor yang menyebabkan lansia mudah terinfeksi karena kekurangan gizi, kekebalan tubuh yang menurun, berkurangnya fungsi beberapa organ tubuh selain itu juga dikarenakan faktor lingkungan, jumlah serta keganasan dari bakteri dan virus yang tentunya mempermudah tubuh terkena infeksi.

Sering terjadi gangguan dalam buang air kecil serta sulit buang air besar

Seringnya lansia mengeluarkan air seni tanpa di sadari baik dalam jumlah yang sedikit ataupun banyak cukup mengakibatkan masalah kesehatan ataupun sosial yang tentunya akan memperburuk kondisi dari lansia tersebut. Hal tersebut kemudian membuat lansia akan mengurangi minum dengan harapan mengurangi  keluhan tersebut, hal ini tentunya berdampak pada kekurangan cairan dan juga mengurangi kemampuan dari kandung kemih.

Ada juga beberapa faktor yang mempermudah seorang lansia terjadi konstipaso seperti kurangnya gerakan fisik, makanan dengan sedikit serat, kurang air minum serta akibat dari pemberian obat – obatan tertentu. Akibatnya pengosongan isi pada susu akan sulit terjadi. Pada konstipasi kotoran di dalam usus menjadi keras dan kering yang pada akhirnya akan mengakibatkan penyumbatan pada usus yang disertai rasa sakit pada daerah perut tersebut.

Gangguan panca indera

Dikarenakan usia yang semakin berumur maka hampir semua pancaindera akan berkurang juga fungsinya, demikian juga gangguan pada otak, saraf serta otot – otot yang digunakan untuk berbicara dapat menyebabkan terganggunya komunikasi.

Itulah beberapa penyebab dari masalah kesehatan pada lansia. Dengan mengetahui beberapa gejala yang mungkin di timbulkan tersebut tentunya anda akan mengetahui bagaimana untuk mengatasinya. Merawat lansia memang seperti kita merawat anak kecil, harus sabar dan telaten agar kondisinya tetap membaik.

 

Leave a Comment